Selasa, 04 Februari 2020

KAJIAN ISLAMI 1


TAUHIDUDZ- DZAT
""""""""""""""""""""""""""""""

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله الرحمن الرحيم

Tauhid Dzat.
--------------------

Saudara-saudariku hamba الله yang Saya hormati 🙏...
Ulangan pembahasan tentang kajian ini adalah mengenai keadaan Dzat pada Azali-Nya yaitu belum ada sesuatu yang dijadikan ataupun belum ada yang disediakan, dan tidak ada yang mendahului keadaan-Nya, tetapi hanya Dia- dan Dia- sendiri tanpa ada yang bersamaan dengan-Nya kecuali Ahad ke-Esaan.
Tidak ada satupun makhluq bersama keadaan ke-Esaan-Nya, karena keadaan Azali itu hanyalah Dzat Tunggal yang tersedia, sunyi dan tidak diketahui. Itulah :
" لا تعيون "
Tidak satupun bersama-Nya, hakikat Hidup dalam kesunyian.
Dan alam itulah Alamul hakikatul Ahadiyah, hanya tersebut Dzat sendiri bersama Nur Diri-Nya...
Dan dengan Nur-Nya itulah Zat berdiri dengan sendirinya, tanpa sebab yang menyebabkan Dzat-Nya •
"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Singkat pembahasan ini...
Langsung pada topik selanjutnya yaitu :
Dari Nur Dzat-Nya itulah terbitnya suatu Sifat Wujud dari Dzat-Nya yang terpuji menjadi " Ada "
Mulai saat itulah Dzat tersebut menjadi Ada dengan bersamaan sifat Wujud yang dinyatakan. Sehingga tanpa mewujudkan sifat Wujud-Nya itu, maka Dzat-Nya hanyalah disebut Dzat semata-mata..... Sebab, belum ada sifat yang menyebabkan adanya Dzat.
Dan dengan diadakannya Sifat wujud-Nya tersebut, barulah Dzat itu terbukti Ada karena sifat wujud diterbitkan oleh Dzat yang berarti ingin dikenal melalui penciptaan awal makhluq.
Dan adanya Dzat- Nya itu, terpancar lah Cahaya Diri Dzat. Sehingga Cahaya Nur yang terpancar dari Dzat Diri-Nya itu adalah sesuatu sebagai bukti keberadaan Dzat-Nya.
Tanpa adanya Cahaya Nur-Nya yang terpancar itu, Sifat Wujud Dzat tidak bisa dibuktikan •
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Ini merupakan pemahaman yang sangat penting, karena kita sebagai hamba-Nya, kita tiada diberi haq dan kuasa untuk membicarakan hal tentang Dzat Ilahi.
Dan kita sebagai makhluq hanya diberi haq sebatas kemampuan dalam memahami kajian tentang perbuatan Tuhan saja yaitu : " Sesuatu yang telah diciptakan dan dilahirkan-Nya, atau sesuatu yang telah maujud adanya. Sehingga :
Apabila sesuatu itu sudah ada dan tersedia, barulah kita dibolehkan dan diberi haq untuk melakukan kajian- kajian dan pembahasan yang sesuai dengan keterbatasan kemampuan yang kita miliki •
"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Kita lanjutkan kajian ini yaitu pancaran Nur yang menjadi bukti adanya Dzat yang sebelumnya Dzat berdiri sendiri dengan Nur-Nya, maka selanjutnya itu Nur terpancar itu melahirkan Sifat- Sifat dari Dzat secara menyeluruh.
Dan Nur yang terpancar dari Dzat Tuhan itulah yang kita fahami sekarang ini disebut " Nur Muhammad " yaitu :
" Wahai ahli Kitab.... Sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami yang menjelaskan padamu banyak dari isi Al- kitab yang kamu sembunyikan. Dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan."
(QS. Al- Maidan 05 : 15)
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""'''
Saudara-saudariku .......
Yang dimaksud Cahaya itu adalah Nabi Muhammad saw....
Dan yang dimaksudkan kitab itu ialah Al- Qur'an.
- Jabir ibnu Abdullah ra. berkata pada Nabi saw :
" Wahai Rasulullah...
Biarkan kedua orangtuaku aku korbankan untukmu, bahwa, khabarkanlah padaku perkara yang pertama kali Allah ciptakan sebelum semua benda."
Nabi saw. menjawabnya :
" Wahai Jabir, ketahuilah... Perkara yang pertama yang Allah ciptakan adalah cahaya Nabimu daripada cahaya-Nya. Dan cahaya itu tetap seperti itu didalam kekuasaan-Nya selama kehendak-Nya.
Dan tiada sesiapa pada masa itu."
(Hadits Riwayat : al- Tilimsani, Qastallani, Zarqani)
Abdul al- Haq al- Dihlawi mengatakan bahwa :
Hadits tersebut ini Shahih..
Kemudian....
Dari Nur Muhammad itulah terciptalah Arasy, Akal, Lauhul Mahfuzh, Qalam.
Kemudian Allah memerintahkan Qalam itu untuk menulis kalimat lafadz :
لا اله الا الله محمد رسول الله
Setelah menulis kalimat tadi, Qalam melanjutkan penulisannya tentang pemciptaan Bumi dan Langit, Syurga, Neraka, para Malaikat dan golongan Jin (Iblis), serta semua makhluq lainnya. Termasuk manusia dan para Nabi dan Rasul serta para ummatnya yang tunduk, taat dan ummat pendurhaka sampai hari Qiamat kelak yang kemudian dikenal dengan :
" Qadha dan Qadar "
Serta dari Nur Muhammad itulah kemudian terciptanya Adam as.
" Bila Tuhan menjadikan Adam, Dia- menurunkan aku dalam dirinya (Adam). Dia- meletakkan aku dalam Nuh semasa Didalam bahtera, dan mencampakkan aku kedalam api dalam diri Ibrahim. Kemudian meletakkan aku dalam diri yang mula-mula , dan memasukkan aku kedalam rahim yang suci, sehingga Dia- mengeluarkan aku dari kedua ibu bapakku. Tiada pun dari mereka yang terkeluar."
(Hadits Riwayat : Hakim, Ibnu Abi 'Umar al- Adani)
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Saudara-saudariku sekalian.....
Dari pembahasan yang singkat di atas.....
Kita dapatlah membuat suatu kesimpulan dem5 pemahaman yaitu bahwa :
" Sebelum Allah disebut Tuhan, maka yang ada pada saat itu hanyalah Dzat semata-mata yang terdiri dengan sendirinya... Dan dengan Nur Dzat- Nya itulah barulah Allah. Menyatakan Bahwa Dirinya sebagai Rabb (Tuhan).
Setelah Allah melahirkan Sifat- Sifat- Nya itu melalui Nur - Nya itu, barulah Allah menyatakan Nur-Nya itu sebagai Nur Muhammadan. Sehingga melalui Nur Muhammad tersebutlah Allah melahirkan sifat- sifat ketuhanan pada makhluq- Nya •
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Selanjutnya, melalui risalah yang singkat ini, dapatlah sekitar difahami sedikit lebih pada tentang hal konsep pemahaman yang menyatakan bahwa :
" Dzat pada Allah, Sifat pada Muhammad, Rupa pada Adam, dan rahasia pada diri kita ini."
Sebagai catatan :
Risalah ini, perlu disampaikan bahwa :
Kalimat Dzat berdiri dengan Nur-Nya, bukan difahami dengan konsep :
" Dzat dan Nur " yang terpisah....
Pemisahan dilakukan hanyalah semata-mata untuk membangun pengertian dan memahaman tentang kelahiran Sifat dari Dzat.
"""""""""""""""""""""""""'''''"""""""""""""""
Terakhir saya berharap pada Anda semua .....
Semoga kajian ini boleh menambahkan konsep pemahaman kita sebagai tambahan bahan dalam diskusi pada Majelis kita masing-masing.
Ketahuilah ......
Allah adalah Wajibul Wujud bagi Dzat- Nya.
Dan Sifat Wujud Allah Adalah Wajib, dan lumrah dalam Dzat- Nya.
Oleh karena itu saudara-saudariku.....
Wujud Dzat Allah, tidak boleh terhalang oleh tidak ada.............
Allaj Wujud karena Dzat-Nya dan bukan karena yang lain sebab :
Wajibul Wujud Allah adalah Wajibul bagi Dzat-Nya, yang tidak membutuhkan sesuatu apapun selain Allah.
Sebaliknya....
Wujud sesuatu selain Allah membutuhkan Kepada Wujud Dzat-Nya.
Dengan demikian...
Dzat Allah adalah Esa...
Dan tidak ada yang mampu menyerupai- Nya.
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Allah adalah Dzat yang bersifat Wujud yang berarti Ada .......
Allah ada dengan sendirinya, tidak disebabkan oleh sesuatu sebab, dan tidak diakibatkan oleh sesuatu Sebab.
Dia- lah Tuhan yang Awal dan yang Akhir.
Dan dengan daripada-Nya lah, tersebab adanya segala sesuatu. Sehingga: Dengan tersebab karena Allah adanya segala sesuatu itu. Maka :
" Tidak ada Segala sesuatu itu yang tidak berasal daripada Allah. Dan tidak ada segala sesuatu itu melainkan hanya Allah yang Wajib- Wujud saja."
"""""""""""""""""""""""""""""""""""”""""""""
Wujud adalah Sifat Yang utama yang lahir dari Dzat sebagai bukti keberadaan-Nya.
Dari sifat Wujud tersebutlah dilahirkan sekalian sifat yang dikandung oleh Sifat Dzat. Karena mustahil Dzat itu memiliki sifat Kuasa atau Maha Kuasa apabila Dzat itu tidak bersifat Wujud.
Sehingga ketika lenyap sifat Wujud tersebut pada diri makhluq karena hanya Allah saja yang Wajib Wujud, maka lenyaplah pula seluruh sifat yang diakibatkan oleh Sifat Wujud tersebut pada diri makhluq. Yang tinggal hanyalah Sifat Dzat semata-mata yaitu :
" Allah "
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Saudara-saudariku ....
Dengan memahami terminologi bahasa bahwa : " Sifat adalah sesuatu yang menjadi pertanda dari keberadaan suatu Dzat. Maka dapatkan kita simpulkan bahwa :
" Keberadaan Suatu Dzat- dapat kita rasakan dengan merasakan keberadaan Sifat. Dimana ada Dzat, maka disanalah juga berada Sifatnya.
Contoh ; ada panas diutara apabila 🔥 nya itu ada diselatan. Dan apabila panasnya terasa di utara, jelaslah 🔥 nya itu pasti ada diutara......
Dimana ada Sifat, disitulah Dzat berada, tidak mungkin kita merasakan juga....
" Dan apabila hamba- hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (Katakan) : bahwasanya Aku- adalah dekat."
(QS. Al- Baqarah 02 : 186)
" Dan Kami lebih dekat daripada urat lehernya."
(QS, Qaaf 50 : 16)
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Saudara-saudariku .....
Cukuplah sampai disini dulu saya jelaskan sebagai ulangan kajian tentang hakikat Tuhan atau kajian hakikat Tauhid ini.
Karena apabila tanpa didasari dengan kekuatan ibadah lahiriah dan ibadah batiniah yang sempurna, maka pemahaman kajian ini malah akan dimanfaatkan oleh iblis La'natullaahi Alaihi untuk menyesatkan Aqidah kita. Sebagaimana yang terjadi pada pemahaman Wahdah al-Wujudiah yang memahami aqidah salah yaitu bahwasanya makhluq dapat bersatu dengan Tuhan....
Sekali lagi saya katakan disini, fahamilah ......
Kajian ini, dari awal berulang- ulang karena kajian ini adalah materi kajian yang sudah saya sampaikan terdahulu yaitulah kajian dalam satu rangakaian yaitu tauhid Dzat, Taujid Sifat, Tauhid Asma dan Tauhid Af'al....
Setelah kajian ini, saya akan lanjutkan kajian kedua mengenai Tauhidush- Shifat atau Tauhid Sifat....
Nah.... Tugas kita adalah hanyalah meyakini sebanyak apa yang kita fahami saja....
Sekali lagi..... Fahamilah hal ini secara betul-betul dan secara utuh...
Kalau kurang memahami hal kajian ini, silahkan bertanyalah pada guru Anda di Majelis Ta'lim masing- masing-masing.
Insya Allah, akan mereka tunjukkan pemahaman ini ....
Cukuplah sampai disini, Lebih terkurang dari Saya dan Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya..
Akhirul Kalam saya :
Wassalaamu .....
Penulis ✍️ dari Saya :
جعفر الدىن الجيلان الصدق
@ Ja'faruddin al-Jaelani Ash-Shiddiq
Comments
0 Comments

Posting Komentar