Jumat, 01 September 2017

Menyampaikan Tanggapan dalam Debat


Debat bisa di katakana sebagai sarana adu argument antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Dalam debat, muncul berbagai tanggapan dari pendapat yang kita sampaikan. Tanggapan tersebut bisa berupa persetujuan maupun penolakan.
Berikut ini beberapa contoh ungkapan yang dapat digunakan untuk menyampaikan tanggapan berupa penolakan yang baik.

  1. Maaf, pendapat saya sedikit berbeda…
  2. Maaf, saya kurang sependapat…
  3. Barangkali perlu ditinjau kembali…
  4. Saya kira masih ada pilihan lain, misalnya…
  5. Masih ada yang kurang sesuai dengan topik permasalahan…

Berikut ini adalah contoh ungkapan yang dapat digunakan untuk menyampaikan persetujuan.

  1. Saya setuju dengan pendapat anda.
  2. Apa yang Saudara katakana sama dengan pemikiran saya.
  3. Saya mendukung pendapat Saudara.
  4. Pendapat anda sesua dengan topic yang dibahas.
Comments
0 Comments

Posting Komentar