Selasa, 29 Agustus 2017

Menemukan Bilangan yang Belum Di Ketahui dalam Penjumlahan


Materi dan Latihan Soal Tanggal 30 Agustus 2017

Pada pembelajaran tadi pagi, kamu telah belajar menentukan persamaan matematika berdasarkan soal pada Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pembelajaran 2. Ada dua hal yang pang perlu di ingat dalama menyelesaikan persamaan matematika, yaitu sebagai berikut:
  1. Jika dalam suatu persamaan terdapat operasi penjumlahan atau pengurangan bersama perkalian atau pembagian, maka selesaikan operasi perkalian atau pembagian terlebih dahulu. Namun, jika dalam operasi matematika tersebut telah memakai tanda kurung maka selesaikan operasi hitung yang berada dalam kurung terlebih dahulu.
  2. Jika bilangan harus berpindah melewati sama dengan (=), symbol bilangan akan berubah. Misalnya, operasi penjumlahan yang berpindah melewati sama dengan (=) akan berubah menjadi symbol pengurangan, operasi perkalian yang berpindah melewati sama dengan (=) akan berubah menjadi symbol pembagian, berlaku pula dengan operasi sebaliknya.
Perhatikan contoh berikut!
48 : 2 =
n x (4+4)
24 =
n x 8
n =
24 : 8
n =
3


Tentukanlah nilai n pada operasi hitung di bawah ini!
  1. 6 x n = 5 x 9 + 3
  2. ½ x 180 – 30 = ( n + 8 ) x 5
  3. 156 : 4 + 16 = n x 5
  4. ¼ x ( 245 + 155 ) = n + 8 x 10
  5. ( 480 – 210 ) : 3 = ( 52 + 65 ) : n

Latihan soal ini dibuat untuk membantu dan mengantisipasi siswa-siswi untuk lebih memahami materi dan untuk membantu para orang tua wali murid untuk mengontrol sampai sejauh mana putra-putrinya memahami materi di sekolah.
Comments
0 Comments

Posting Komentar